KOMPENEN PROGRAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

A. KEMAMPUAN APA SAJA YANG HARUS DI KEMBANGKAN?

  • Moral dan nilai keagamaan

Pembiasaan perilaku positif, kemandirian, disiplin, dan pembinaan IMTAQ (Imam dan taqwa). Materi sesuai dengan agamanya, agar dapat bertoleransi satu sama lainnya

  • Fisik / motorik

Anak dibawah 5 thn dapat dirangsang dengan permainan- permainan yang edukatif

  • Bahasa

Kata pertama (10- 15 bln), penambahan dan penerimaan kosa kata (lebih dari 300 kata pada usia 2 thn). Pada periode linguistic (1-5 thn) anak mulai dapat mengucapkan kata- kata

  • Kognitif

Mengacu pada kecerdasan anak. Perkembangankognitif anak dibagi menjadi empat tahapan:

  • Sensorimotor (0-2 thn)
  • Praoperasional (2-7 thn)
  • Operasional konkrit (7- 11 thn)
  • Operasional formal (11thn- dewasa)

2-4 thn motorik anak mulai berkembang  harus tahu bagaimana cara merangsang motorik anak agar lebih berkembang.

5-6 thn anak belum bisa berpikir secara abstrak. Anak masih berpikir secara konkret. Misalnya kita mengajari anak penjumlahan 1+2 dapat diberi penjelasan dengan alat peraga lidi.

  • Sosial- emosional

Perkembangan perasaan dan emosi serta pengembangan kemampuan social atau sosialisasi.

Guna menungkatkan kepekaan terhadap kehidupan masyarakat.

Memperoleh kecerdasan diri dan alamiah.

  • Seni

Pengembangan seni dapat dituangkan ke dalam seni musik, seni tari, seni gambar, dan keterampilan kerajinan tangan.

Mencapai kecerdasan musical dan visual spatial.

B. MATERI KEGIATAN

  • Materi untuk anak

Mengacu pada suatu tema tertentu. Biasanya tema mengacu pada lingkungan anak, kesukaan dan minat belajar.

Tujuan penggunaan tema adalah agar kegiatan belajar yang diciptakan dapat lebih bermakna, menarik dan menyenangkan. Disamping itu dapat memperkaya pengalaman serta perkembangan anak.

  • Materi untuk orang tua

1. pengertian orang tua tentang pentingnya pendidikan sejak dini sangat dibutuhkan para orang tua
2. Aplikasi pemahaman tahap- tahap tumbuh kembang anak perlu diberikan pada orang tua.
3. Diharapkan orang tua dapat mengidentifikasi deteksi dini tumbuh kembang anak.
4. Kesanggupan melakukan berbagai perangsangan yang diperlukan bagi pertumbuhan dan perkembangan anak.
5. Orang tua dibekali kemampuan memilih dan menfasilitasi anak dengan alat permainan yang mendidik
6. Orang tua harus dapat memanfaatkan lingkungan sebagai sumber bermain dan belajar anak.

C. PELAKSAAN KEGIATAN
Pelaksanaan kegiatan tahunan:
a. Kunjungan ke luar
Mengunjungi tempat sumber belajar secara langsung untuk mendapatkan informasi/ pengetahuan yang menunjang materi belajar

Kegiatan ini bermanfaat bagi perkembangan nalar anak, memenuhi rasa ingin tahu dan perkembangan sosial anak.

Kunjungan luar terisi dari:
i. Kunjungan Sederhana
Berupa kunjungan ke lingkungan sekitar sekolah, misalnya kunjungan ke lingkungan sekitar sekolah, taman, masjid, kantor polisi, kantor pos, pemadam kebakaran, stasiun kereta api.
ii. Kunjungan besar
Kids sports, Taman mini, Taman safari

b. Pengenalan Pekerjaan
Memberikan penjelasan dan peragaan secara langsung dihadapan siswa tentang sesuatu materi pelajaran yang berkaitan dengan profesi tersebut. Contoh daftar profesi; dokter, Pilot/ Penerbang, Polisi, Kepala Desa, Pedagang

c. PHB (Peringatan Hari Besar)
Peringatan Hari Proklamasi, Kemerdekaan RI, Hari Kartini

d. Bakti Sosial
Bertujuan menumbuhkan kepedulian social pada siswa

e. Kegiatan bersama Orangtua
Misalnya memasak sederhana (fun cooking)

f. Kesehatan
Menumbuhkan kesadaran hidup sehat serta mengakrabkan anak pada profesi paramedic. Pemeriksaan gigi dan pemeriksaan umum.

g. Media Audio Visual
Kegiatan belajar yang menggunakan media audio visual televisi/ Film yang memiliki tema/ topik acara sesuai dengan materi pembelajaran.

h. Bermacam lomba
Aneka lomba dilakukan untuk menumbuhkan persaingan sehat pada anak, mlatih kecepatan berpikir dan bertindak, melatih diri menghadapi dan menghargai kawan satu tim atau lawan pertandingan

i. Pameran
Dilakukan untuk menambahkan kepercayaan diri. Menumbuhkan konsep diri yang positif dan memotivasi anak untuk mengembangkan kreativitasnya.

j. Pentas anak
Melatih keberanian dan rasa percaya diri anak untuk tampil di muka umum, serta menunjukkan kemampuan dan keterampilannya.

D. TEMPAT KEGIATAN
Tempat harus anam bagi anak

E. PEMBELAJARAN YANG MENYENANGKAN
1. Materi pembelajaran
Materi pembelajaran dilaksanakan melalui kegiatan bermain. Materi tersebut terdiri dari isi (content), dan proses belajar. Materi belajar bagi anak usia dini dibagi dalam 2 kelompok usia:
Usia 0- 2 thn (see photocopy)
Usia 3- 6 thn (see photocopy)
2. Sentra
Pembelajaran PAUD dilakukan melaui Sentra/ Area Main. Contoh sentra/ area bermain tersebut antara lain:
a. Sentra Balok
Berisi mengenai berbagai macam balok dengan berbagai bentuk dan ukuran. Sepreti rumah, kebun binatang, gedung perkantoran, jembatan.

Dengan kegitan ini anak dapat mengembangkan kemampuan berpikir, perhitungan permulaan dan dapat memecahkan masalah serta memperkuat daya konsentrasi.

b. Sentra Bermain Peran.
Dapat memperagakan berbagai peran yang mereka lihat sehari- hari di lingkungan sekitar mereka.maka dapat membantu anak dalam memahami lingkungan sekitarnya.

c. Sentra Seni
Menimbulkan kepuasan tersendiri bagi anak. Dapat mengembangkan dan mengeksplorasi daya kreativitasnya untuk memacu perkembangan motorik kasar dan halus anak.

d. Sentra persiapan
Persiapan membaca permulaan, menulis permulaan serta berhitung permulaan. Dilaksanakan dalam bentuk bermain. Bahan- bahan yang digunakan adalah buku- buku kegiatan menyimak, menulis dan matematika.

e. Sentra agama
Berisi nilai- nilai agama, keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME. Kegiatan ini dilakukan dengan sederhana sebab merupakan konsep abstrak.

Tugas guru disini adalah menerjemahkan aktivitas abstrak menjadi aktifitas konkret sehingga anak memahami. Materi yang perlu dipersiaplan adalah berbagai bangunan ibadah berbentuk mini, alat- alat beribadah, dan kitab berbagai agama, buku buku cerita, gambar gambar dan alat permainan lain yang bernuansa agama.

Flying Star Day Care and Training Center dapat menyediakan anda, tenaga pembina PAUD untuk di rumah anda atau dapat berkerjasama dengan baby sitter, tempat penitipan anak di JAKARTA SELATAN, TPA SOUTH JAKARTA, suster, nanny, governess, penyalur baby sitter, pembantu, serta pengasuh anak lainnya untuk menerapkan “AKTIFITAS PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)” di rumah anda, agar anak bermain untuk belajar. Hubungi bagian marketing kami di 021- 98585856 atau 081388585600

About these ads